Sosial Budaya

“SKENARIO THINKING, MEMBANGUN MODEL PERADABAN BARU”

Oleh Prof. Hb. IDRUS ALHAMID

SUARA MINOR POROS INTIM___.

Berpikir skenario (scenario thinking) merupakan suatu metode analisis dalam proses perencanaan strategis, yang kemudian disebut perencanaan skenario (scenario planning). Metode ini diadaptasi dari model perencanaan klasik yang umum digunakan oleh intelejen dalam kemiliteran (Mats Lindgren & Hands Bandhold, 2003). Herman Kahn adalah salah seorang pemikir yang mencanangkan model berpikir skenario dalam bentuk narasi masa depan dalam perencanaan militer Amerika Serikat tahun 1950-an. Kahn mengadopsi istilah ‘skenario’ sebagai narasi masa depan. Kemudian pada tahun 1961, Kahn mendirikan Hudson Institute untuk mengembangkan skenario masa depan dalam pelayanan publik.

Belakangan ini kita selalu terperangah dengan perubahan Skenario thinking yg semula lebih pada pengembangan Korporasi yg membawa manfaat Kapital dalam sistem berbangsa dan bernegara. Sekarang berubah menjadi Skenario Thinking Konspirasi Naga Genit. Dahulu kita merasakan hidup terpolarisasi dengan konses Akulturasi budaya dan agama, sehingga setiap orang saling menyapa dan memberi sesuatu yg terbaik. Nilai-nilai Universal yg bergelindang dalam kehidupan berbangsa mampu merekatkan wilayah yg satu dengan lainnya.

Perubahan Perilaku atau Peradaban sebagai akibat Dis-orientasi yg secari radikal mampu merubah Skenario Thinking, setiap Kaum yg mengalami Kultur Shock { Kepanitan terhadap perubahan Sosial } sehingga banyak orang, selalu merasa sebagai “Dewata Agung” atau Dewa Brahma. Kita tidak sadari setiap Skenario pasti akan “musna” karena yang pasti adalah “Skenario Thinking Rabbaniyyah” yg akan menyingkirkan setiap masa beserta orang-orang yg menganggap diri “Dewa atau Dewi”, padahal sesungguhnya mereka lemah di mata Allah. Karena sesungguhnya Allah sebaik-baik pembuat Skenario Global___.

Saudara-saudara KU, Mari kita berbenah untuk mesiapkan Skenario Thinking agar mampu melawan Skenario Konspirasi para Korporasi Naga Genit, yg belakangan ini menjadi Tuan di tanah Rantauan__. Saat-nya kita bersatu menyusun Skenario Thinking untuk Peradaban Nusantara 5.0 Orisinil Nusantara yg saya tawarkan secara Akademik adalah__:

” Era__ Smart Religius Humanis Thinking Globalis”

Artinya__: Setiap Kecerdasan dalam Skenario global harus berbasis Agama dan kearifan Lokal itulah Indonesia Raya Tanah Pusaka yg harus di jaga_.

Jayapura, 30 April 2022

By. Si Hitam Manis Pelipur Lara di Timur Nusantara selalu terjaga untuk Ibu Pertiwi Zamrud Khatulistiwa__

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *