Sosial Budaya

” MAKNA KETENANGAN DAN KESENANGAN”

Prof. Hb. IDRUS ALHAMID
Suara Minor Cendekiya Proros INTIM___.

Setiap insa selalu memiliki suasana bathin yg membuat Ia merasa tenang. Ketenangan adalah bahagian dari riadhotun Nafsi yg tumpuannya ada di Qolbu. Jika Syaithan menyentuh bahagian dari Qolbu yg NUR-nya tidak hidup maka dia akan terperangkap dengan kesenangan yg temporer sehingga membuat Ia menjadi orang yg memiliki kesenangan terhadap penyakit, Iri, dengki dan berbangga diri dalam lamunan pujian yg kronis. Jika seseorang ingin agar Qolbu-nya dipenuhi dengan “ketenangan” makan pintunya adalah ‘Ittoqof bizikrollah, sehingga Qolbu-nya akan sehat yg pada esensinya mewarisi Akhlaq Nubbuwah Saww.

Kalam “Ahli Hikmah” Kalau Qolbu sudah mati tidak akan ada rasa dalam Amaliyah apapun itu_.

Haruskah kita pahami Ketenangan basisnya adalah Qolbu, sementara Kesenangan basisnya adalah Nafsu. Jika seseorang memiliki kesenangan agar wajahnya rupawan atau Cantik yg akibat dari polesan bedak atau wangi-wangian, dan atau Orientasi pada perhiasan dunia, maka kesenangan itu akan melemahkan Ia disaat tertimpa musibah atau berada di usia Senja__. Mungkin saat ini, kebanyakan orang memandang kesenangan dengan pandangan bhasyariah yg berasal dari saripati tanah, tanpa menyertakan Qolbu yg membuat Ia memiliki Pancara nur ilahiyah yg merespon segala sesuatu dengan ketenangan bathin.

Qolbu yg dipenuhi dengan nur Ilahiyah, akan memberi kelapangan jiwa, sehingga setiap kita tenang dalam menghadapi dinamika Alam Mikro dan Makro kosmos dalam diri setiap Insan. Untuk itu mari kita mengasah Qolbu agar terpancar “Ketenangan Jiwa” karena jiwa yg tenang pasti merasakan kehadiran “illahiyah” dalam setiap tapak langkah menuju negeri abadi sepanjang hayat__.

Saudara-saudara KU. Tulisan sebagaimana tersebut di atas merupakan refleksi dari nilai yg diperoleh selama Ramadhan dan puasa syawal. Jika Ketenangan adalah pijakan, maka kesenangan akan bertumpu pada perasaan artinya jadilah orang yg pintar merasa jangan Engkau jadi orang yg merasa pintar___.

Jayapura, Jum’at, 13 Mei 2022

By. Si Hitam Manis Pelipur Lara di Timur Nusantara selalu terjaga untuk NKRI Selamanya___. 🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *